RT Tertib Lalu Lintas, Sukses Diresmikan di Kecamatan Gempol

Pariwisata, Sosial111 Dilihat

PASURUAN – Warga RT 7, RW 4, Kelurahan Pagak, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, mengubah lingkungannya, menjadi taman edukasi tertib lalu lintas. Ide cemerlang itu dilakukan warga untuk menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78, Sehingga pemikiran warga itu, mendapat apresiasi dari Satlantas Polres Pasuruan.

“Ketua RT 7, Adi Firmansyah mengatakan, jika gagasan ini muncul, karena prihatin dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah mereka, Akhirnya RT 7 RW 4 berinovasi menciptakan sebuah program dengan sebutan RT Tertib Lalu Lintas.

“Inisiatif ini dimulai sebagai bagian dari peringatan HUT RI ke-78. Kami ingin lingkungan kita memiliki dampak positif bagi warga, jadi akhirnya kami memutuskan untuk mengubah lingkungan ini menjadi zona tertib lalu lintas,” kata Firmansyah saat peluncuran program pada Minggu (13/8/2023) pagi.

Mereka bekerja sama dan berhasil menyulap lingkungan, menjadi taman edukasi tertib. Mereka memasang replika lampu lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas, serta papan-papan edukasi yang menjelaskan aturan lalu lintas. Pemasangan ini dilakukan di sepanjang jalan di Perumahan Taman Permata Indah.

“Ini benar-benar inovasi dari warga, swadaya warga, karena dari awal sudah komitmen untuk dilakukan sendiri,” Imbuh Firmansyah.

“Nantinya, warga yang melanggar aturan lalu lintas, seperti tidak menggunakan helm atau melebihi batas kecepatan, akan dikenai sanksi sosial berupa denda.

“Denda ini akan digunakan untuk kas RT atau sebagai sanksi sosial untuk membersihkan lingkungan sekitar.” jelas Firmansyah.

“Ide edukasi kesadaran berlalu lintas, yang dilakukan warga itu mendapatkan apresiasi dari Satlantas Polres Pasuruan. Saat itu, Kepala Satlantas Polres Pasuruan, AKP Yudhi Anugrah Putra, dan stafnya datang dan meresmikan RT Tertib Lalu lintas yang berada Kelurahan Pagak, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

“Ini sungguh luar biasa, dimana kawasan ini dikemas dengan rambu-rambu lalu lintas, tujuannya agar warganya tertib berlalu lintas,” kata Yudhi.

“Dia berharap, inovasi RT Tertib Lalu lintas tersebut, bisa memupuk kesadaran berlalu lintas sejak dini.

“Kita tahu angka kecelakaan di Indonesia, khususnya di Pasuruan ini sangat tinggi. langkah ini sangat penting untuk menanamkan pemahaman tentang tertib berlalu lintas sejak usia dini.

“Ini bukan hanya tanggung jawab sekolah, namun lebih luar biasa karena dimulai dari lingkungan rumah. Semoga ini bisa menjadi contoh bagi warga lainnya.” Kata Yudhi Kasat Lantas Polres Pasuruan.

(Die)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *