Bromo Marathon 2023 Jadi Ajang Promosi Desa Wisata

Pariwisata105 Dilihat

PASURUAN – Ajang bergengsi Bromo Marathon 2023 siap digeber. Ribuan pelari dari berbagai negara dipastikan bakal turun dalam event yang sudah bertahan selama satu dasawarsa itu.

Berbagai persiapan kian matang mendekati event yang dilangsungkan, Minggu (3/9/2023) mendatang. Dedy Kurniawan, Founder Bromo Marathon mengatakan, tagline yang diusung kali ini adalah Run The Adventure. Para runner akan mengawali titik start di Plataran Bromo, Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari.

Panitia menyuguhkan lima kategori lomba. Diantaranya 2,5KM Kids Category, 5KM, 10KM, 21KM dan Full Marathon 42KM. Khusus kategori anak-anak, pesertanya berasal dari para pelajar SD dan SMP di sekitar Wilayah Kecamatan Tosari.

”Kami sediakan kategori anak-anak yang pesertanya dari pelajar SD dan SMP di Tosari dan sekitarnya. Rutenya juga pendek hanya 2,5 kilometer,” kata Dedy saat Press Conference Pasuruan Bromo Marathon 2023 di Bank Jatim Cabang Pasuruan, Senin (28/8).

Sedangkan kategori 5KM, pelari diajak akan melintasi rute dengan rentang ketinggian 1.839 – 1.931 MDPL. Lalu untuk kategori 10KM dari rentang ketinggian 1.839 – 2.129 MDPL. Kemudian kategori 21KM, rentang ketinggiannya antara 1.839 hingga 2.469 MDPL. Sementara Full Marathon menjadi kategori pamungkas dengan rentang ketiggian ialah 1.839 – 2.476 MDPL.

Dedy bilang, registrasi peserta sudah dibuka sejak 3 Maret 2023 dan akan ditutup pada tanggal 3 September 2023 nanti. Sejauh ini, sedikitnya tercatat ada 1.300 pelari dari 23 negara yang sudah mendaftar. Mereka akan memperebutkan hadiah dengan total Rp 50 juta.

”Total hadiahnya Rp 50 juta untuk para juara di semua kategori,” imbuh Dedy.

Sementara itu, Bupati Irsyad mengajak para wisatawan untuk berbondong-bondong datang ke Tosari saat Bromo Marathon digeber. Bukan hanya menyaksikan serunya Bromo Marathon saja. Para wisatawan juga pasti akan ketagihan ketika bisa menikmati seluruh pesona yang ada di Kecamatan Tosari.

”Datang dan nikmati keindahan Kabupaten Pasuruan yang semakin segar. Nikmati segala pesona yang ada di Tosari sembari menaklukkan setiap tanjakan pada event Bromo Marathon ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Irsyad meyakini bahwa Pasuruan Bromo Marathon 2023 akan spektakuler. Selain diikuti para pelari dari Asia, Eropa hingga Amerika, ada banyak hiburan yang disuguhkan, plus sajian makanan khas Tengger.

”Tentunya ini akan semakin menarik karena mulai banyak desa-desa wisata yang tumbuh. Bromo Marathon sekaligus akan menjadikan sektor UMKM dan desa wisata semakin menggeliat,” pungkasnya.

(Die)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *